September 08, 2009

Twitplurkbook - apasih

Pilih yang mana? Sekedar pembukaan. :) Lanjut kebawah.



Kali ini tentang sedikit teknologi. Gw mo nanya sama kalian semua: Saat kalian membuka Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, atau semacamnya, website apa yang LANGSUNG kalian buka?

Dulu -saat Friendster masih jaman, dan Facebook baru naik daun-urutan website yang gw buka adalah Friendster terus Facebook. Karena Facebook tambah asik, urutannya jadi Facebook terus Friendster. Lalu ada mainan baru: Plurk. Tinggalkan Friendster, dan urutannya menjadi Facebook, Plurk. Sekarang Twitter lagi hip banget. Saking hipnya Twitter, Facebook pun agak kalah pamor. Tapi Plurk, so far, masih seru buat gw. Sehingga urutannya menjadi Twitter, Plurk, Facebook.

Jujur. Gw ga bisa bilang sampe kapan urutan ini akan bertahan. Mungkin cepat atau lambat Plurk bisa hilang dari urutan membuka website gw, dan Facebook akan masuk ke kategori "dibuka kadang-kadang". Atau mungkin besok ada mainan baru lagi yang menambah rentetan urutan membuka website gw?


Seru juga jadi generasi internet. Walau agak merasa dibudaki, tapi internet dan generasi gw saling membutuhkan. They need money from the commercials, and we need the things that they offer. Lebih tepatnya, they made us need the things that they offer.

Let's talk about Twitter and Plurk now. Keduanya adalah situs yang sejenis: semacam situs jejaring sosial yang menampilkan status kita atau "what we are doing" di situsnya. Situs-situs ini menjadi semacam Facebook tapi cuma statusnya doang. Kita bisa share APA AJA di situs ini secara instan dan realtime. Bahkan ya, kita bisa ngasih pengunguman tentang kuliah di Twitter dan Plurk. Promosi juga bisa. Tapi, again, gw gak tau sampai kapan si fenomena situs-status ini akan bertahan.

Satu hal menarik yang baru aja kepikiran sama gw. Plurk kalo dari website konsepnya realtime. Ada update langsung muncul notification. Tapi kalo Plurk diari HP, gak realtime. Berbanding terbalik sama Twitter. Twitter kalo dari website konsepnya sama skali gak realtime. Harus direfresh-refresh terus. TAPI, kalo Twitter dari HP -pake aplikasi Uber Twitter misalnya- realtime banget. Nyadar gak? Kenapa ya?

[080909.0144.timothy]

2 komentar:

GrimmJaw mengatakan...

gw ngga buka tiga-tiganya

gfaqs & 4chan ftw

GrimmJaw mengatakan...

koq yang komen cuman gw sih, malu ah