Juli 30, 2009

ODDISEY 2009: Harmony in Diversity


Jadi gini, suatu hari...

Bunda (dosen AR dan Oddisey): Redo, kamu nanti nonton Oddisey kan?

Gw: Nonton dong Buuuun..

Bunda: (sambil tersenyum keibuan khas Bunda Soeko) Ok, nanti kamu evaluasi ya, terus kasih tau Bunda buat masukan Oddisey taun depan..

Gw: Oh. Sip Bun!

Nah, karena itulah gw menulis ini. Demi Bunda. Hehe. Tapi gak mau dibilang evaluator.. agak terkesan sok gimana gituu.. Haha. Oya, ini bukan summary drama2 Oddisey 2009 ya. Ini cuma opini pribadi gw yang diusahakan memuji dan mengkritik, bukan mencela.. =)

Okay, here it goes...


Show #1 - The Fusion Show by Mescolare Incontro

Pertama, gw masih bingung. Ini apa ya? .... Oh iya ini yang fashion show itu! Sebenernya fashion show Oddisey taun ini adalah salah satu yang gw tunggu2, karna taun lalu gak ada. Jadilah gw penasaran bakal kayak apa.
Walaupun show ini nge-dancenya agak kurang pol, tapi termaafkanlah. Secara gak semua orang jago dance. Kalo jago, ya nilai plus aja. Gw kan juga pernah Oddisey.
Ternyata shownya unik juga. Gw ga nyangka aja mereka berani pake baju2 Eropa kuno gitu dan baju2 warna-warni dengan bahan yang shiny. Model2nya berani abis! Apalagi yang cowo2nya. SALUT. Gw sih ga berani pake wig putih keriting ala bangsawan Eropa jaman dulu gitu.. Hehe. Apalagi make baju colorful yet shiny with different patterns in every inch of your body. Rambutnya juga dibediriin DAN dicat warnawarni.
Keren sih baju2nya..inspiratif gitu. Temen gw ada yg suka sama leggingnya Listi. Dia juga bilang Listi and Azmi yang paling pol di grup ini. No offense buat yang lain, ga berarti lo jelek kan? Hehe.
Tapi gw ngertilah fashion dikit2. Dan memang some fashion are just not to be worn daily. Some of them are just for an art statement. Namanya juga fashion show. Saran gw: narasi dari badut2nya akan lebih oke kalo dibawa lebih ceria dan semangad, mungkin dengan backsound musik karnaval? Maaf kalo terkesan sok tau, namanya juga saran, haha. Overall, salutlah buat sutradaranya yang bisa ngerancang fashion show ini.


Show #2 - Sweet Days and Bitter Nights by Werewolf

Dari posternya gw sih ga bisa nebak ceritanya atau konsep dramanya bakal kayak apa. Posternya bagus. Indah gitu deh. Tapi kurang menjelaskan dramanya.. "Ga masalah sih, yang penting ntar dramanya bagus.." Itu yang gw pikir sebelum nonton. Setelah gw tonton...
Gw suka sama ide ceritanya. Agak2 romance mystery gimana gituuu.. hehe. Konsepnya bagus. BANGET. Inggris klasik2 gitu. Macam film Oliver Twist lah.. Dancenya..um, gitu aja..hehe.
Yang jadi Claire aktingnya mantab. Ya, pake B. MANTAB. Sosok 'lady' yang mo ditampilin menurut gw dapet banget. Tepuk tangan buat yang jadi Claire! Sayang, menurut gw dan temen gw yang cowok, Jamesnya kurang werewolf.. Oliver lebih werewolf dariapada James. Walau di akhir cerita ternyata Oliver werewolf juga (I like this twist in the drama). Tapi kata temen gw yang cewek, "Tapi Do, badannya Ahdi lebih okee.." Hahahaha. Dasar cewek. Mungkin karna gw cowo kali ya? Ga melihat sampe sedetail itu. Tapi vocalnya Ahdi bagus banget.
Mengenai beberapa adegan yang malah jadi lucu, ah itu mah biasa. Gw juga kan dulu romance. Ngertilah gw. Pasti ada aja adegan yang dimaksudkan sedih atau ga ada lucu2nya, malah jadi ngelawak. Misal: "Diem lo!"nya Oliver, atau "...kalo ngomong dipikir dulu dong!"nya James, atau "James..sakit.."nya Amber. Hehe. Gw juga dulu kesel kenapa pada ketawa..tapi yasudahlah. Sama lirik "mematikanmu" di lagunya Claire yang terakhir...agak gak pas ya. Gw ngerti kok, bikin lirik tuh susah2 gampang, jadi tak apalah.. Sori loh, tapi gw voted for romance kok pada akhirnya. =)
Oya, one more thing. Gw suka BANGET sama adegan "...aku adalah..MIRAN..DA!!" Deti dan kipasnya..waw! *ini pujian loh*


Show #3 - Zamrud Khatulistawa by D'UBUR

Gw harus ngomong apa ni. Speechlesslah. Speechless kok gw nulis lagi..hehe.
Dari nama timnya aja udah goblok. HAHAHA. *ini juga pujian loh*
Drama ini dari awal sampe akhir nonstop ketawa! PARAH. Mulai dari opening video yang sok2 pake suara burung ala salah satu iklan partai di pemilu kemarin, sampe closing scene ala Mr.Bean.
G O K I L.
Gw suka sama ide capres bernama Permadi Iskandar. Sayangnya bagian ini lucunya cuma buat orang SBM aja. Karakter Dirwan pas banget. Pertama gw gak nyadar kalo cara berdirinya Dirwan itu = cara beridiri om Culeng. Sampe temen gw bilang, "Do, pantes cara berdirinya gitu..lo liat deh!" Pas gw liat.. HAHAHAHA. Iya jugaa..
Dibawah ini adalah bagian2 yang ingin gw tanyakan:
  • Yang tiba2 (kalo ga salah) Uchan masuk pake kerudung terus bilang "anak2 sudah malam, ayo pulang.." Lucu sih. Tapi itu tadi apa? Haha. Ato itu memang maksudnya? Hmm.
  • Itu si Ichan dicambuk Duan beneran gak sih. Suara cambukannya ngiluu..
Bagian2 yang gw paling suka dari drama ini (walau hampir semuanya suka):
  • Iklan ala extra joss.. hiyahaha! Sampe tumpah2 itu lucu banget.
  • Yang pas Permadi dan wapresnya ngobrol sama narator tolol yang ga tau keberadaannya dimana..tiba2 suara naratornya ilang terus ada suara telpon putus kayak kuis2 interaktif di tivi terus mereka bilang "YAK PUTUS! Penelepon berikutnya?" BRUAKAKAKAKAKKKAKAKAAK!! SINTING.
  • Suara menirukan Transformers yang sedang berubah bentuk. "wakakakakakakak" GILA.
  • Seluruh adegan di Kota Bergoyang. Terutama the nsync part. AWESOME.
  • Closing scene Mr.Bean. KREATIF tingkat tinggi.
Kesimpulannya comedy emang lebih enak.. mo ngasal juga ayuk. Tapi kalo ngasalnya ga lucu..hmmph, siap2 dicacimaki kejayusannya aja. Tapi, GREAT JOB buat comedy taun ini. *Gw standing ovation loh*

Show #4 - I Said (N)One by D'Brondongs

Gw gak ngerti apakah penamaan sebuah grup sedang ngetrend menggunakan D'...? D'Masiv, D'Spectrum, D'Ubur, dan D'Brondongs... hehehehe.. Becanda aja gw.. Gapapa kok.
Body Performance show ini salah satu yang gw paling tunggu selain fashion show, karna taun lalu gak ada. Jadi gw penasaran juga dengan yang satu ini.
Hmm..show yang satu ini ternyata menghibur dari sisi yang sedikit berbeda. Agak lebih filosofis dibanding drama yang lainnya. Konsep baru yang unik buat Oddisey taun ini. Yang bisa gw acungi 4 jempol adalah koreografinya. Hebat deh bisa mikirin banyak jenis koreografi yang berbeda. Keren. Tapi tarian Indianya gw lebih suka drama gw yang taun lalu..karna ada gwnya! HAHA. Maaf2, yang ini subjektif.
Gw dan temen2 gw suka sama si penari Bali yang cowonya. Narinya totalitas banget. "Orang Bali beneran ya?" Itu pertanyaan yang langsung dilontarkan temen gw pas nonton. Nice.
Cuma, gw agak gak bisa mengerti arti alur ceritanya. Padahal ide ceritanya udah bagus loh, mengguncang nasionalisme kita gitu. *halah bahasa gw*
Satu lagi, poster kalian oke banget. Ide siluet badan yg terbentuk dari tulisan2 tentang Indonesia itu keren abis. Oya, banyak loh temen gw yang vote buat body performace. SALUT guys! =]


Show #5 - The Quest of Three Kingdoms by Pandora

Aaaah..drama ini terlalu singkaaat.. Padahal termasuk seru nih. Tapi yang paling gw suka adalah background yang dipake buat setting kerajaan Mesir! Itu siapa yang desain sih? Keren gokil parah!!
Drama ini oke.. ceritanya mudah dimengerti. Akting Alida is the best. Vocalnya, mimiknya, gesturenya, POL to the MAX. Nadya juga oke.
Ada temen gw yang bilang scene berantemnya bagus banget. Soalnya konsep berantemnya antar 3 kelompok gitu. Kerenlah pokoknya.
Efek suara gema berbisik "Pandora..dora..dora.." itu juga bagus. Idenya itu loh.. Cool..
Menurut gw drama ini akan lebih oke lagi kalo lebih dieksplorasi lagi dan lagii.. Sebenernya banyak scene bagus di drama ini selain yang berantem tadi. Scene yang masing2 kerajaan menyampaikan niatnya untuk merebut kotak Pandora itu keren BGT! Yang itu loh, kerajaan Mesir dikasih spotlight terus Firaunnya ngomong dengan backsound ala Mesir, terus spotlightnya gantian ke kerajaan2 lainnya dengan rajanya dan tentu saja dengan backsound ala negrinya. KEREEEN.
Buat Yorint, wah orang Nias jadi pemeran utama! Hidup Nias! HAHAHA


Others that I just have to comment on...
Anak2 musik taun ini lebih nge-rock ya. Hehe. Good job for the visualizers. Lighting tahun ini 10 jempol tangan dan 10 jempol kaki buat lo semua! Lightingnya bagus bangett. MCnya nih, Meta udah membawakan acara dengan smangad harusnya Irsyad lebih smangad juga dong. Hehe. Intonasi Irsyad mellow beneerr.. gak jelek sih, tapi kurang hype gitu. Yang berhak dapet 1000 jempol raksasa adalah kostum dan propertinya. Beeuh..TOTALITAS. Buat SOnya, selamat ya atas Oddiseynya yang oke taun ini! Lebih bagus mana sama taun lalu? Um, bagusnya beda. =] Satu pertanyaan kecil dari gw (karna gw pecinta seni desain grafis): Kenapa gambar langit di foto angkatan SBM2011 yang ada di booklet Oddisey 2009 harus diedit sedemikian rupaa?? Hehe.


Sekarang gw mau bikin pengakuan.
Sebenernya tadinya gw gak berharap banyak sama Oddisey taun ini, abis anak2nya ga keliatan latian sampe malem. Hehe. Secara angkatan gw sampe jam9an di kampus latian tuh udah biasa. Ternyata kalian emang lebih sering ga latian di kampus ya. Hahaha. Apalagi dengan kesibukan kalian yang masih mau berPROKMria. Salut gw. Nah, sebagai permintaan maaf gw, gw naro tiket "I think the show is..."nya di kotak excellent. Hehe. Tapi karna memang excellent menurut gw. Menurut orang lain? Peduli amat. Kan yang nulis blog gw. HAHA.

[300709.1911.timothy]

14 komentar:

Anonim mengatakan...

gokil do
thx buat komen yg membangunnya
endi

Glenn Pandelaki mengatakan...

thanks for comment do,
tapi indianya bagusan gue deh, karena ada gue (subjektif juga) hahaha...
kayanya perlu ada oddisey season 2 nih, india lo ma gue bersatu..

Ellenduani Aprila mengatakan...

comedy sebenernya emang penuh ketidakjelasan do. harap maklum ya.
dicambuk beneran kok do. tanyain aja langsung ke ichan kesan dan pesannya. badannya selalu merah2 klo selesai latian hahaha.. atau mau nyoba langsung? hohoho..

makasih ya buat review nya :)

Anonim mengatakan...

thx ka redo...
atleast komentarnya sangat2 friendly dan beradab dari yang sebelumnya...
hehehehe...
yang fantasy tuh emank susah...
soalnya ceritanya bner2 d ulang yang buat oddisey jadinya ya mungkin agak kerimpungan gitu...
tp ttp thx buat smuanya :)

Anonim mengatakan...

boleh ga sih komen gw dipoin2 aja, hehe
1. sebenernya menurut gw bukan ada orang yang ga bisa ngdance, tapi ada beberapa emg keliatan kurang all out dan semangat, beda kan?
2. wiw, gw juga suka tuh bagian adegan miranda, dan setuju banget juga bagian "mematikanmu" flownya tu udah dapet until we heard the lyric mematikanmu, hehe
3. gw suka sama ide i said none dibaliik2 jadi indonesia, nice!
4. tapi menurut gw, si adegan berantem di fantasy masih sedikit greget aja, hehehe, tapi udah rapi kooo..

sekian,hahahaha :D

Unknown mengatakan...

Ini nih review panutan yang penuh evalusi dengan kritik membangun. Hahaha. Good Job do. Opini gw ada di blog gw sendiri. Hahahha

redotimothy mengatakan...

glenn: sama2.. yg bener aja oddisey season 2? HAHA. indoa lo ma gw bersatu? HAHAHA. bisa aja..

duan: kasian amat si ichann.. ogah ah gw nyoba.. hii..

anonim1: gw jg dulu romance cerita rombak yg dari UAS AR.. emang susah.. but good job 2 u!

anonim2: gw suka sama poin nomer3! =)

ifad: hehe,bisa aja lo fad,thanks. gw juga ud baca punya lo.. yg bagian didatengin reporter tu beneran? ckckck..

Anonim mengatakan...

makasi komennya bos.

buat yg fantasy itu emang sangat bisa di eksplorasi lebih dalam lagi kata gw, tapi terbatas sama waktu (damn i hate this limitation bullcrap).
Soalnya mnurut gw jujur aja ni Fantasy itu strict bgt sih. Tim yg paling disiplin dalam sejarah oddisey 2009. hahhaahaa..
so if the bigboss said 30 minutes, then its 30 minutes they give, with 5 minutes of tolerance.

SALUT buat fantasy ya. personally i think u guys are the only team who TRULY applies this MP practically during the oddisey.

klo komedi.. yaah.. boro2. *hahaa.

gini aja boy, tar kita bikin Oddisey part 2 di GSG.
"Tribute to Harmony in Diversity 2010"

wahahahahahaaa..
HomiE

Anonim mengatakan...

cieee ka redooo,,
makasii komennyaah...
hmm..membangun loh,,

oiyaa, yg jd si penari bali di Body Performance tu namanya FRI!
=)

-dethiiiiiii-

Aisha Hutami Anjani mengatakan...

ka redo makasih yaa reviewnya
membangun :)

Anonim mengatakan...

oh emang lirik "mematikanmu" itu jadi kocak ya? hauha padahal gua suka lirik itu sih, sebagai salah satu anak romance, soalnya kan yang ngebunuh James emang Claire.. tapi pendapat orang kan emang beda2 ya :)
makasih kak reviewnya! enak dibaca, huahuaa

-chika, males sign in hehehe

Ellenduani Aprila mengatakan...

hahaha.. ichan udah terbiasa kok.. waktu ditanya kesan pesan dia bilang "awalnya sih sakit. tapi lama2 udah terbiasa kok" hahaha..

Fri mengatakan...

wah, maksih kak buat kritik dan komen yang membangun! :D

well, alur cerita bp ternyata gak terlalu nyampe ya?
padahal tadinya udah dirombak biar bisa dimengerti. yah, pelajaran untuk tahun berikutnya...

himynameismerry mengatakan...

Ka Redo, makasih yaah buat reviewnya! :)