Januari 05, 2010

Kreatifitas Orang Indonesia

Seru nih kayaknya kalo membahas tentang plagiarisme. Tapi kali ini gw akan membahas plagiarisme visualisasi artistik. Woow woow.. apakah itu? Lebih tepatnya sih gw akan ngomongin kover-kover album musisi dalam negeri yang kata orang telah memplagiat album cover musisi luar negeri. Tapi ini kata gue. Yuk marii...

1. Pee Wee Gaskins-The Sophomore dan Houston Calls-The End Of An Error


Sekilas mirip. Background langit di kala senja berwarna oranye, segunung barang rongsokan, dan ada orang yang berdiri diatas tumpukan rongsokan itu. Tapi masih banyak bedanya walau mirip. Setting album cover PWG seperti ada di tepi pantai atau semacamnya. At least that what I saw, haha. Sedangkan Houston Calls settingnya lebih kayak tempat pembuangan sampah. Lagian, di album cover PWG cuma ada satu orang yang berdiri. Houston Calls ada 2 orang cowo cewe pegangan tangan. Ditambah metode kartunisasi yang berbeda pada masing-masing cover.
Gak bisa dibilang niru banget sih. Bagi gw 2 cover ini cuma mirip.


2. D'Masiv-Perubahan dan Aerosmith-Just Push Play (kalo ga salah judul albumnya yang ini)


D'masiv lagi, lagi-lagi D'Masiv. Kok ya sering keserempet masalah contek-mencontek? Menurut Anda beda banget? Coba perhatikan baik-baik. Background abu-abunya, setting alat musik dan ampli-amplinya, dan pose para personil bandnya... mirip kaan? Bedanya yang D'Masiv tubuh manusianya gak ada. Jadi cuma outfit mereka aja yang berbentuk badan mereka yang sedang berpose ngeband. Tapi masih beda ini namanya.
Again, gak bisa dibilang niru banget. Sama kayak PWG dan Houston Calls, bagi gw 2 cover ini cuma mirip.


3. J-Rocks-Meraih Mimpi dan The Beatles-Abbey Road


Wooooooow! Ini sih samaaaaaa... Settingnya pun sama persis, diambil di jalan yang sama dengan The Beatles. Bedanya cuma yang satu, di cover The Beatles jalanan dan mobil-mobilnya masih jadul. Haha. Tapi tunggu dulu. Setau gw sih ini emang sengaja dari pihak J-Rocksnya membuat cover album yang seperti Abbey Roadnya The Beatles. Jadi waktu itu mereka pergi ke London untuk rekaman dan skaligus syuting vidklip si Aku Jatuh Cinta (kalo ga salah yaa). Dan mungkin melalui cover albumnya yang berjudul Meraih Mimpi mereka ingin menyampaikan bahwa mereka mempunyai mimpi menjadi terkenal dan selegendaris The Beatles. Mungkin bisa gw artikan seperti musisi yang meng-cover lagu orang. Dalam hal ini, si J-Rocks meng-cover album cover The Beatles. Lagian, cover Abbey Road itu udah terlalu iconic untuk dijiplak terus pura-puranya orang gak bakalan tau.
Okelah kalo begitu. Kesimpulannya 2 cover ini memang sengaja sama.


4. DewiDewi-Recycle+ dan The Donnas-Gold Medal


OH tidak. Tunjukkan secara sekilas 2 cover ini pada seorang anak TK dan dia akan mengatakan kalo kedua gambar adalah sama. Maaf, itu agak berlebihan. Well, konsep dasar album cover The Donnas ini memang agaknya terlalu dijiplak mati oleh pembuat album cover DewiDewi. Gambar para personilnya yang seolah-olah digambar menggunakan pensil, pose personilnya, ornamen-ornamennya, semuanya terlalu mirip. Bedanya The Donnas 4 orang, DewiDewi cuma 3. Yang keempat diganti pake bunga-bungaan... err.. zzz memang.
Poor DewiDewi... Desainer covernya siapa sih. Bagi gw ini 2 album cover ini bukan lagi mirip, melainkan jiplak.


5. Pilar (selftitled) dan Maroon Five-It Won't Be Soon Before Long


BENCANA. Ini bencana. WOOOY!! Dimana kreatifitasmu wahai desainer grafis album cover Pilar Band?? Apa? Anda mo bilang "Oh, tidak. Saya tidak menjiplak. Ini hanya kebetulan saja..." Hzzz. Oke, Anda gak ngejiplak. Lantai kayu, ruangan berdinding beton warna gelap, personil-personil band yang sedang 'terbang', dan logo band (atau apapun itu) yang terbuat dari lampu neon putih di dinding belakang. Iya Anda gak ngejiplak. YAKALEEEEEE. Gak, alasan kemiripan cover album J-Rocks dan The Beatles gak bisa dipake untuk album cover yang ini. Kenapa? Karena album cover Maroon Five yang ini sama skali gak se-iconic itu. Lalu Anda bertanya, parameter iconic? Nurani bisa jawab kok. Iya nggak Nur?
Jelas sudah bagi gw album cover Pilar Band sangat jiplakan.


Kenapa gw nulis ini? Karena gw tau sebenernya orang Indonesia itu kreatif. Dari dulu hasil kesenian atau kreatifitas orang Indonesia sering diakui mancanegara. Masa kita kehabisan ide sih? Ide itu datangnya dari Tuhan. Kalo kita percaya Tuhan itu mahakuasa, which I believe everyone does believe in that, berarti Dia akan mampu memberi kita ide lainnya yang sama okenya atau bahkan lebih oke daripada musisi-musisi luar negeri itu. Banyak-banyak cari referensi tapi jangan dijiplak. Percaya diri itu kuncinya. Maaf kalo ada yang tersinggung sama post ini. I just think that we Indonesians should start to think that we are not less than those Caucasians. We should believe in our own skill and capability. Jadi pada akhirnya bangsa kita bisa maju. Kalo berdiri di kaki sendiri aja belum bisa, gimana mo jalan maju? :)


[060110.0201.timothy]

11 komentar:

Anonim mengatakan...

bagus banget do!
tapi hati2 komen dll, ada undang-undang bro..

-hsy

RIMITED mengatakan...

oya has? undang2nya apa?

GrimmJaw mengatakan...

Kalo buat nomer 3 mah gw rasa ngga perlu pake narik kesimpulan lagi. Kalo lo 'njiplak' sesuatu yang emang udah seterkenal itu (dalam hal ini, cover albumnya The Beatles yang ironic), itu bukan plagiat tapi udah masuk homage ato tribute.

RIMITED mengatakan...

iconic kan maksudnya jar?
hehe.
iya. itu dia terminologi yang paling pas. thank you fajar!!

GrimmJaw mengatakan...

Bah salah ketik gw kok bisa jadi ironic...
Iyah iconic heheheh.

Anonim mengatakan...

iya do lo ati2 aja sama UU ITE,bisa-bisa nasib lo berakhir di bu'i lhoo hahaha
btw do, kalo untuk cover album the beatles, ada satu lagi noh yang mirip, iklan salah satu bank internasional di koran-koran. hehehe ga berani sebut nama, entar kesamber UU ITE lagii LOL

will-I-am mengatakan...

hahaha... rajin amet lo atu2 digtuin.. =p

RIMITED mengatakan...

@flo: hahaha.. nanti lo gw daulat sebagai penggerak koin keadilan untuk redo ya.. baakakak.

@will: hehe.. iya dong..

GrimmJaw mengatakan...

Do, gw ga ngerti dah. Emang UU ITE ada perubahan apa lagi seh? Kok di postingan yang ini aja udah ada 2 orang yang nyinggung (ada yang cuma becanda tapi tetep aja).

Soalnya kalo gara-gara postingan gini aja lo masuk ke bui, gw dah dihukum mati.

RIMITED mengatakan...

bah. panjang banget jar. ada 53 pasal. zzz. cob link ini deh.
http://www.scribd.com/doc/2362550/UU-ITE
kok gw jd deg2an beneran -____-
haha

GrimmJaw mengatakan...

Beuh, yang itu. Gw mah dah ada...

(never bothered to read all of them)